Rabu, 23 Juni 2010

PROSEDURE TETAP PENGOPERASIAN PERALATAN MEDIK

PROSEDURE TETAP PENGOPERASIAN PERALATAN MEDIK

Deskripsi Singkat

Pengoperasian Alat Medik adalah langkah-langkah yang dilakukan agar alat dapat difungsikan dengan benar sesuai dengan prosedur, dengan pengoperasian alat medis dengan benar, maka diharapkan dapat memperpanjang umur peralatan dan mengurangi tingkat kerusakan peralatan.

Dalam kenyataan sehari-hari teknisi Elektromedis sering menerima keluhan bahwa alat ruksak atau tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya, namun setelah dilakukan pemeriksaan ternyata kerusakan atau keluhan bukan disebabkan karena kerusakan fungsi alat tetapi adanya setting yang tidak sesuai atau kesalahan operasional.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka seorang teknisi peralatan medis harus benar-benar mengetahui dan memahami cara pengoperasian alat medik sehingga alat dapat digunakan secara benar dan mengurangi keluhan kerusakan alat.

LANGKAH –LANGKAH PENGOPERASIAN PERALATAN MEDIK

  1. Prasyarat pengoperasian peralatan medik

Dalam mengoperasikan peralatan medik ada beberapa ketentuan yang harus dipertimbangkan dan menjadi persyaratan agar alat dapat dioperasikan secara aman dan benar.

Persyaratan pengoperasian mencakup seluruh aspek yang berhubungan dengan pengoperasian peralatan medik yang terdiri dari:

- Sumber daya manusia

- Kelengkapan alat

- Bahan operasional

- Sarana pendukung (misal: gas medis, catu daya listrik dll)

Sunber daya manusia yang mengoperasikan peralatan medis harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengoperasi peralatan medik. Untuk mencapai hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:

- mengikuti pelatihan pengoperasian peralatan medik pada saat pengadaan alat (dilaksanakan oleh suplier/agen)

- Mengikuti pelatihan pengoperasian peralatan medik yang dilaksanakan oleh instansi lain dan item Rumah Sakit yang bersangkutan

- Mempelajari operational manual dan standar operation prosedure pengoperasian peralatan medik

  1. Persiapan pengoperasian peralatan medik

Kegiatan persiapan pengoperasian peralatan medis meliputi kegiatan:

- Pemeriksaan kelengkapan peralatan

- Pemeriksaan fasilitas penunjang

- Penyiapan bahan operasional

Kegiatan persiapan dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing peralatan dan kondisi peralatan, dengan tujuan melakukan pengecekan kelengkapan operasional dan fungsi serta untuk memastikan bahwa pada saat itu peralatan medik siap dan laik untuk dioperasikan.

  1. Pemanasan peralatan medik

Kegiatan pemanasan peralatan medik meliputi:

- Menghubungkan alat ke catu daya

- Memeriksa kondisi baterai

- Menghidupkan alat

- Memeriksa indikator dan tombol-tombol

- Mengatur posisi pengoperasian

  1. Pelaksanaan pengoperasian peralatan medik

Dalam pengoperasian peralatan medik, semua prosedur-prosedur yang berhubungan dengan pengoperasian harus menjadi perhatian. Langkah-langkah prosedur harus diikuti secara berurutan mulai dari awal pengoperasian, pada saat mulai terpasang ke pasien sampai alat dilepas dari pasien dan alat dikembalikan di tempat semula.

Protap Pengoperasian

  1. Persiapan penyusunan standar prosedur tetap pengoperasian

Sebelum menyusun suatu prosedur tetap, siapkan bahan-bahan yang akan digunakan sebagai referensi penyusunan prosedur, tentukan format prosedur yang akan digunakan, tanyakan kepada beberapa narasumber serta lakukan pengujian terhadap sumber yang ada.

  1. Penyusunan standar prosedur tetap pengoperasian

Dalam format standar prosedur yang dikeluarkan oleh KARS isi dari suatu prosedur meliputi antara lain:

- Pengertian

- Tujuan

- Kebijakan

- Prasyarat

- Prosedur

- Unit kerja terkait

Pengertian berisikan, cara dan langkah-langkah yang harus diikuti dengan pelaksanaan pengoperasian peralatan medik yang dimaksud, agar alat dapat difungsikan dengan baik sesuai fungsinya.

Tujuan pengoperasian, agar pengoperasian alat dilakukan dengan benar, diperoleh hasil pelayanan yang sempurna, agar pasien dan operator terhindar dari bahaya dan usia teknis alat dapat tercapai.

Kebijakan berisikan dasar yang melatarbelakangi pembuatan prosedur tetap pengoperasian peralatan medik.

Prasyaratan adalah ketentuan mengenai petugas atau SDM, alat laik pakai dan bersih, aksesoris lengkap dan baik, bahan operasional tersedia.

Prosedur berisikan langkah-langkah pengoperasian peralatan medik yang meliputi:

- Persiapan pengoperasian peralatan medis

- Pemanasan peralatan medis

- Pelaksanaan pengoperasian peralatan medis

- Pengemasan atau penyimpanan

- Pencatatan beban kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar